Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 102, 103, 104 Buku Siswa Tematik Kurikulum 2013 Revisi

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 102, 103, 104 - Kunci jawaban buku siswa tematik tema 3 peduli terhadap makhluk hidup subtema 3 Ayo Cintai Lingkungan kegiatan pembelajaran 2 Halaman 102, 103, 104 kurikulum 2013 revisi yang kami bagikan secara gratis ini tentunaya akan sangat membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah yang di berikan oleh guru. Tugas-tugas tersebut jangan teman-teman abaikan, kerjakan dengan maksima, karena nilai yang di dapat akan sangat membantu dalam kenaikan kelas nantinya.

Pada artikel kami yang lalu, kami juga sudah memposting kunci jawaban yang sama terkait kunci jawaban tema 3 kelas 4, nah silahkan teman-teman lihat kunci jawabannya pada artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 97, 98, 99. Semoga saja nilai yang teman-teman dapatkan dari tugas tersebut bisa bagus, sehingga nantinya dari nilai tersebut bisa membantu untuk menaikkan nilai akhir pada nilai raport.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 102, 103, 104

Kunci Jawaban Kelas 4 yang kami share dan bagikan pada blog ini kami susun dan buat berdasarkan materi-materi dan soal-soal yang ada pada buku siswa. Dan tak hanya untuk tema 3 saja, namun kami disini berbagi kunci jawaban ini lengkap untuk semua tema, baik di semester 1 dan semester 2. Jika teman-teman ingin melihat kunci jawaban lengkap untuk tema3 kelas 4 ini, silahkan buka artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 102, 103, 104
Bagaimana cara kita mencintai lingkungan?
Dapatkah kamu menyebutkan contohcontohnya dalam kehidupan sehari-hari?

Ayo Membeca 
Pergi ke Pasar

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 102, 103, 104

Pulang sekolah, Udin, Lani dan Beni berkunjung ke pasar. Beni ingin membeli sapu ijuk titipan ibunya. Hari itu, pasar terlihat rame. Mereka masuk ke bagian dalam dan mencari penjual sapu ijuk. Tak berapa lama,Udin menutup hidungnya. Ia tak kuat menahan bau menusuk yang datang dari sampah yang berantakan di pasar. Lani dan Beni juga ikut menutup hidung mereka. Untungnya, penjual ijuk segera terlihat. Mereka segera mendatangi dan membeli sapu ijuk.
“Beni, ayo kita segera pergi dari sini. Aku sudah tidak tahan dengan baunya.”bisik Udin.
“Iya, Udin. Ayo kita pergi!”sahut Beni.
“Mengapa baunya bisa seperti ini teman-teman?”tanya Lani.
“Sepertinya, keadaan ini karena banyak sekali sampah yang tidak dibuang di tempatnya, sehingga baunya busuk. Aku khawatir, pembeli bisa sakit”
“Wah, kalau seperti ini terus, bisa-bisa nanti terjadi banjir karena aliran air tidak lancar,”keluh Udin. “Apa yang harus kita lakukan, ya, teman-teman?”
“Salah satunya, kita harus membuang sampah pada tempatnya,”jawab Beni.Dalam hati, mereka tidak ingin hal seperti itu terjadi pada lingkungan pasar.
Hari itu, Lani, Beni dan Udin mendapat pengalaman berharga.

Berdasarkan teks di atas jawablah pertanyaan berikut.

1. Apa yang terjadi di lingkungan pasar?
Lingkungan pasar sangat kotor dan berbau.
2. Mengapa pasar sangat bau?
Banyak sampah yang tidak dibuang pada tempatnya sehingga busuk dan menimbulkan bau.
3. Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibatnya bagi lingkungan?
Lingkungan pasar menjadi kurang sehat karena kotor dan berbau tidak sedap
4. Ketika sampah di pasar berserakan, apa akibat bagi orang-orang di pasar?
Dapat mengakibatkan gangguan kesehatan dan gangguan lingkungan terutama baunya yang tidak sedap.
5. Menurutmu, apakah Dayu, Beni dan Udin saat di pasar sudah terambil haknya? Jelaskan.
Ya mereka terganggu haknya untuk dapat menikmati keadaan pasar yang sehat dan bersih.
6. Hak apa yang tidak di dapat oleh Dayu, Beni, dan Udin ketika ke pasar?
Hak akan lingkungan yang sehat dan bersih.
7. Menurutmu, apakah orang-orang yang membuang sampah sembarang sudah mengambil hak orang lain? Jelaskan?
 Ya, dengan membuang sampah secara sembarangan mengakibatkan hilangnya hak orang lain untuk menikmati lingkungan yang bersih dan sehat.
8. Bagaimana sebaiknya membuang sampah di pasar?
Sebaiknya sampah di pasar dibuang pada tempat yang telah disediakan oleh pasar.
9. Bagaimana sikap dan cara positif dalam membuang sampah?
Sebaiknya kita membuang sampah pada tempatnya dan apabila kita melihat sampah berserakan segeralah membersihkanya.
Setiap orang berhak mendapatkan lingkungan yang bersih dan nyaman. Ketika kita membuang sampah sembarang, kita sudah mengambil hak orang lain.
Bagaimana cara kita menjaga lingkungan? Jelaskan 4 contohnya.
Mulailah dari cara yang bisa kamu lakukan di lingkunganmu.

Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 102, 103, 104

Jawaban :
  1. Membuang sampah pada tempatnya
  2. Menanam pohon di sekitar rumah.
  3. Membersihkan selokan dari sampah.
  4. Memberikan perlakuan khusus kepada limbah, seperti diolah terlebih dahulu sebelum dibuang, agar tidak mencemari lingkungan
Kami tak hanya berbagi kunci jawaban untuk tugas soal-soal latihan saja, namun disini kami juga berbagi kunci jawaban untuk tugas lainnya, seperti tugas pengamatan, hasil laporan, contoh karya, menulis dan lainnya. Nah untuk kunci jawaban pada halaman berikutnya, silahkan teman-teman lihat artikel kami Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 105, 106. Jangan lupa juga untuk merekomendasikan kunci jawaban tersebut kepada teman sekelas lainnya.

Sekian teman-teman semua yang bisa kami bagikan terkait Kunci Jawaban Tema 3 Kelas 4 Halaman 102, 103, 104 Buku Siswa Tematik ini. Kami berharap apa yang kami bagikan ini bisa membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas sekolah. Dan jangan lupa juga ya untuk berbagi kepada teman sekelas lainnya yang juga membutuhkan, cukup share saja artikel ini ke mereka. Nah kalau teman-teman ada pertanyaan, silahkan sampaikan pada kami melalui laman kontak, terima kasih.